Kamis, 27 Desember 2012

e-marketplace



E-marketplace adalah situs di internet (tentunya di internet) yang mempertemukan antara pembeli dan pnjual. Namun wikipedia memberikan perngertian bawa Ecommerce adalah Pasar perdagangan elektronik di mana perusahaan mendaftarkan diri sebagai penjual atau pembeli untuk berkomunikasi dan melakukan bisnis melalui Internet.

E-MarketPlace merupakan model E-Business yang berhubungan dengan penjual dan pembeli (seller & buyer). E-MarketPlace di Indonesia merupakan salah satu media penggerak ekonomi nasional dalam rangka menghadapi era globalisasi. Untuk itu, perlu dikembangkan E-MarketPlace yang teratur, wajar dan efisien.

Tujuan
- Untuk menghubungkan antara penjual dan pembeli dalam suatu cakupan wilayah (MarketPlace) untuk melakukan transaksi.
- Untuk memudahkan informasi mengenai kegiatan transaksi dan arus barang.
- Mengetahui apakah kegiatan perdagangan yang terjadi sudah berjalan secara efisien, apabila ditinjau dari besarnya biaya yang harus ditanggung.




Fokus E-MarketPlace
E-MarketPlace yang ditawarkan pada kedua pendapat ahli di atas, ditujukan pada kegiatan transaksi yang dilakukan oleh seorang penjual kepada beberapa pelanggannya pada sistem-nya. Keuntungan yang diperoleh dari E-MarketPlace yang ditawarkan adalah:
- Pembeli
o Mempermudah pencarian dan pembandingan produk.
o Pembeli mendapatkan harga yang bersaing karena adanya persaingan harga secara global.
o Mengurangi biaya pengadaan barang
- Penjual
o Mempermudah pencarian pembeli-pembeli baru
o Penjual dapat menawarkan produk andalannya
o Mengurangi biaya transaksi dan sales
o Dapat menjadi sarana promosi produk, sehingga menghemat biaya promosi




Manajemen paket aplikasi yang dibutuhkan dalam membangun suatu E-MarketPlace yang online adalah sebagai berikut:

· Domain name
Virtual Domain Site, unique IP Address (IP address yang mudah dikenali), dan domain name registration (nama domain yang telah terdaftar)
· Web pages
· ForumDengan forum pengunjung / pelanggan dapat memberikan tanggapan, saran, dan pertanyaan mereka.
· Modul Manajemen Katalog Produk
· Shopping Cart Management
· Payment Gateways
· Search engine
· Form Feedback
· Maintenance 4 bulan sekali dilakukan perbaikan dan pengembangan sistem lama.
· Site Promotion Melakukan promosi melalui media elektronik lainnya.
· SupportAdanya ketersediaan informasi penolong (help) 24 jam sehai / 7hari seminggu , e-mail support


Dari munculnya elektronik marketplace, terutama internet merubah beberapa hal dalam proses untuk trading dan supply chain.

1. Informasi yang lebih bagus dalam lingkungan bertransaksi & hubungan.
2. Biaya untuk mencari informasi yang lebih rendah untuk buyer.
3. Menghilangkan informasi yang membingungkan bagi seller & buyer.
4. Pembeli dan penjual bisa berada di tempat yang berbeda.


Sumber: google.com, binusmaya.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar