Kamis, 27 Desember 2012

Mobile Commerce



Mobile Commerce
adalah Perdagangan melewati media telekomunikasibergerak seperti Telepon selular WAP atau PDAnirkabel, WID, WED, atau mobile computer.


– Can be done via the Internet, private communication lines, smart cards, etc.
– Creates opportunity to deliver new services to existing customers and to attract new ones



Sebagai derivasi aplikasi teknologi E-commerceM-commerce memiliki karakteristik yang tidak dimiliki teknologi pendahulunya. Karakteristik M-commerce adalah sebagai berikut:
  • Ubiquity, aplikasi M-commerce dapat digunakan dimana pun pengguna berada dan dalam situasi apa pun. Dengan kata lain layanan M-commerce tersedia kapan pun dan dimana pun dibutuhkan.
  • Reachability, melalui perangkat handset pengguna dapat bertransaksi dan berkomunikasi dengan pihak lain yang tidak terjangkau karena perbedaan ruang dan waktu.
  • Localization, M-commerce memberikan layanan aplikasi informasi lokasi yang dibutuhkan oleh pengguna berdasarkan lokasi fisik penggunanya (location based services-LBS).
  • Personalization, aplikasi M-commerce hanya dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki handset karena adanya perbedaan penomoran atau nomor unik yang dikeluarkan oleh penyelenggara telekomunikasi.
  • Dissemination, handset memungkinkan pengguna menerima dan menyebarluaskan informasi secara cepat dan kini (saat itu juga).


beberapa contoh m-commerce:
  1. pembayaran tagihan menggunakan mobile phone atau handheld devices

  2. menggunakan pengenalan suara pada telepon seluler untuk membeli karcis bioskop (pengenalan suara untuk memulai transaksi pada jaringan data wireless)

  3. pembelian tiket penerbangan menggunakan handheld devices

  4. pembayaran untuk file mp3 yang di download melalui telepon seluler dan handheld devices

  5. pembelian stok menggunakan telepon seluler atau handheld devices dan memulai jaringan wireless yang dihubungkan ke intranet penyalur.
Sistem struktur M-commerce lebih kompleks dibandingkan sistem struktur E-commerce karena melibatkan komponen dalam komunikasi bergerak. Sistem struktur M-commerce meliputi aplikasi, mobile station, mobile middleware, wireless network, wired network, dan host computer.

  • Aplikasi M-commerce, merupakan jenis layanan yang dibangun di atas M-commerce seperti disebutkan dalam tabel 1.
  • Mobile stations, adalah perangkat handset yang menjadi antar muka pengguna ketika aktivasi aplikasi M-commerce. Saat ini semua handset mendukung aplikasi M-commerce sederhana seperti teks sedangkan aplikasi yang lebih kompleks dengan visualisasi dapat digunakan handset cerdas seperti iPAQ, Communicator, Palm.
  • Mobile middleware, adalah layer perangkat lunak yang digunakan antara sistem operasi handset dan aplikasi M-commerce. Perangkat lunak akan mentranslasikan permintaan oleh handset ke server dan sebaliknya. Perangkat lunak yang umum digunakan adalah WAP (wireless application protocol), i-mode, Java, dan beberapa aplikasi menggunakan Visual Basic dan Delphi.
  • Wireless network, merupakan infrastruktur yang mendukung komunikasi nirkabel dimana mobilitas pengguna menuntut akses tanpa batas. Jaringan nirkabel yang digunakan dapat berupa Wireless Local Area Network (WLAN) dan Wireless Wide Area Network (WAN).
  • Wired network¸ adalah infrastruktur server yang digunakan oleh perusahaan.
  • Host computer, adalah perangkat komputer yang menjalankan dan menyimpan informasi aplikasi M-commerce. Komponen utama host adalah web server, database server, dan program aplikasi.


Beberapa Keuntungan menggunakan M-commerce
  • kepuasan pelanggan, penghematan baiya dan peluang bisnis baru

  • dapat dilakukan dimana saja dengan light-weighted device

  • pemilik tunggal mempunyai pengendalian atas data sedangkan mobile devices dapat diselaraskan

  • dapat membawa penjual dan pembeli bersama-sama dengan mudah sehingga memungkinkan untuk mendapatkan laba yang lebih besar dan hubungan dengan pelanggan menjadi dekat.
Beberapa Kerugian dalam penggunaan M-commerce, yaitu:
  • Mobile device tidak biasanya menawarkan grafik atau daya proses suatu PC

  • layar yang kecil dari mobile device membatasi kompleksitas aplikasi

  • masing-masing jaringan mempunyai pendekatan yang berbeda terhadap pemahaman m-commerce



G-enerations
 –1G: 1979-1992 wireless technology
 –2G: current wireless technology; mainlyaccommodates text
 –2.5G: interim technology accommodates graphics
 –3G: 3rd generation technology (2001-2005)supports rich media (video clips)
 –4G: will provide faster multimedia display (2006-2010)


Tantangan m-commerce
• Security, protocol, standards
• Usability user interface
• Heterogeneous Technologies – Platform, programming language, databases, etc
• Business Model Issues


Limitations of m-Commerce
• Usability Problem
– small size of mobile devices (screens, keyboards, etc)
– limited storage capacity of devices
– hard to browse sites
• Technical Limitations
– lack of a standardized security protocol
– insufficient bandwidth


Sumber:http://www.scribd.com, http://biginaict.wordpress.com, http://edukasi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar